Membuat Toko Online Sederhana Menggunakan Woocommerce Di Wordpress

Assallamu'allaikum wr...wb..

Selamat siang kawan , kali ini saya mempraktekan tutorial membuat toko online sederhana menggunakan Woocommerce di Wordpress.
 



A.Pengertian 

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya[4]. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.[5] Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg[5]. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya [6].


Apa yang dimaksud E-commerce? E-commerce adalah electronic commerce, merupakan
WooCommerce adalah open source e -commerce plugin untuk WordPress . Hal ini dirancang untuk kecil untuk pedagang online berukuran besar menggunakan WordPress . Diluncurkan pada tanggal 27 September 2011 [ 3 ] plugin cepat menjadi populer karena kesederhanaan untuk menginstal dan menyesuaikan dan produk basa bebas . [ 4 ]

B.Latar Belakang 

Sejarah wordpress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan  pengembangan  b2. Wordpress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat wordpress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

C.Alat dan Bahan  

1.Laptop /Pc
2.CMS Moodle
3.koneksi Internet
4. plungin woocomerce

D.Maksud dan Tujuan

CMS wordpress ini meberikan  memudahkan kepada pengguna untuk mengelola informasi  tanpa harus mempunyai keahlian khusus.
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, CMS ini memungkinkan pengguna untuk untuk dapat mengubah tampilan (warna, huruf, gambar dan lain-lain) tanpa harus mengubah isi/konten/berita/teks yang ada didalamnya.

E. Tahap Pelaksanaan Kegiatan

1. kita Download plugin woocommerce disini 
2. kita Download theme disini 
3. Buka terminal kemudian masuk ke cd Download/


4. Kemudian kita lihat
#ls
5. Kemudian kita copy file di directory /var/www/html/

6.Kita masuk lagi ke directory /var/www/html/
kemudian 

#ls


7.Kemudian kita masuk ke directory lagi dan kemudian copy file
 #cp (nama file )

 8.Lalu kita extract file dengan perintah
#unzip (nama file)

9.kemdian kita beri hak akses
#chown www-data:www-data /var/www/html/nama file
 10.Kemudian kita masuk ke wordpess, karena saya sudah memiliki wordpress maka saya tinggal login

11. Kemudian kita copy file woocommerce kedalam wordpress. didalam wordpress ada banyak bagian-bagiannya kita masukke wp-content kemudian kita paste di plugin.

12. 10. Kita Install Woocommercenya
ikuti langkah berikut ini











 12. Kemudian kita edit Tulisan headernya di Post , kemudian klik Hello word kita edit dan ikuti cara berikut.



 kemudian kita update
 13 . Edit header untuk tapilannya . dan ikuti langkah berikut





 14. langkah selanjutnya kita masukkan produk kedalam wordpress kita tinggal klik product kemudian add product . sebelum kita memasukkan product sebaiknya kita buat categories terlebih dahulu supaya pengelompokkan barang itu lebih mudah dicari

selesai

sekian dan terimakasih :)
Wassalamualaikum Wr.Wb



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »