Konfigurasi Mac Address Table Dynamic Dan Static Pada Cisco PaketTracer

Assallamu'allaikum wr...wb...

Pagi kawan, Pada hari ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang konfigurasi Mac Address Table Dynamic Dan Static pada cisco packet tracer yang telah saya praktekan.Sebelum itu perlu teman-teman ketahui apa itu pengertian Mac Address Static dan Mac Address Dynamic.

A.PENGERTIAN 

Mac address static adalah MAC yang address yang dikonfigurasi, sementara MAC address dynamic adalah MAC yang secara pintar dipelajari oleh switch.
MAC Address permanent adalah merupakan mac address dasar dari ethernet switch, MAC dari interface yang dimiliki switch. MAC Address permanent tidak dapat dirubah.


Sebuah contoh penggunaan MAC Address static dan dynamic adalah ketika menggunakan port security / keamanan port switch. Ketika mengimplementasi port security di switch, kita dapat mengkonfigurasi MAC mana saja yang dibolehkan terhubungn ke switch port tertentu (Ini disebut MAC Static), dan kita dapat juga mempelajari beberapa buah MAC Address via dynamic mac, ketika sebuah frame memasuki port tertentu, port tsb akan menyimpan MAC Address sumber fram, dan ini merupakan contoh dari dynamic MAC Address


B. ALAT DAN BAHAN
1.Laptop
2.aplikasi cisco packet tracer


C. TAHAP PELAKSANAAN KEGIATAN :

1.buka apilikasi cisco packet tracer

2.buat topologinya terlebih dahulu,gunakan switch tipe 2950T-24 dan Pc 2 dan juga kabel yang buat menghubungkan kita gunakan straight cable.
3.kemudian double click pada Pc, =>pilih Dekstop =>IP Configuration
3.kemudian masuka IPaddress-nya terserah kalian, tetapi perlu diingat harus masih satu network antar pc1 dengan Pc yang lainnya.
* PC 1    
*PC2
4. Setelah itu kita coba ping antar client, dengan cara masuk ke Tab Dekstop =>lalu klik Command Prompt .ketikan   " ping (IP ) " .Contoh IP saya sendiri
ping 192.168.60.1 maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

lakukan hal yang sama pada PC yang satunya ketikan
ping 192.168.60.2

5. setelah kedua pc saling ping dan berhasil ,selanjutnya cek table mac address yang ada di switch 2950T-24 dengan cara : double clik pada switch => pilih CLI kemudian enter.
kemudian ketikan  perintah enable =>enter
kemudian ketikan perintah lagi show mac-address-table enter
jika berhasil akan mencul tampilan seperti dibawah ini.

6. karena ini baru mengkonfigurasi Mac Address Table Dynamic maka akan muncul tulisan DYNAMIC pada tampilan dekstop,itu bebrarti tandanya berhasil



Konfigurasi Mac Address Static :

setelah Table dynamic sudah jadi, barulah kita mengkonfigurasi table static-nya.
Lalu apa kelebihan dari STATIC ? jadi kita buat pemetaan menjadi static maka setiap host/pc tidak akan bisa saling bertukar port.

1.setelah dynamic selesai barulah mengkonfigurasi static yaitu dengan cara seperti ini.masukan mode global Configuration seperti ini


.Keterangan :
• MacAddress : Kita masukkan Mac Addres yang akan kita buat menjadi Static
• Vlan : Nomer vlan dari port PC ( Kita akan bahas lebih dalam di Lab
berikutnya)
•.Fa0/1-24 : Nomer Interface dari Switch yg terhubung ke PC

2. Kemudian kita buat dengan cara seperti tadi. kemudian ketikan exit

3.kemudian kita cek hasilnya dengan mengetikan perintah
#show mac-address table


4. Kemudian untuk pengetesan lagi silahkan tukar port antar PC lalu test ping pasti tidak akan jadi atau berhasil . mengapa begitu ya karena switch sudah mencatat bahwa port fa0/1 sudahn menjadi miliknya.


D.HASIL DAN KESIMPULAN
 praktek yang saya lakukan kali ini berhasil karena sudah terdapat tulisan DYNAMIC maupun STATIC pada kedua langkah-langkahnya.
sekian dari saya selamat membaca

Wassallamu'allaikum wr...wb..







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
8 Agustus 2018 pukul 02.03 delete

alhamdu membantu kak,tapi masih ada yang kurang

Reply
avatar