Cara Membuat Jaringan LAN Mengunakan 1 Server Beserta Konfigurasi Service Server

Assallamu'allaikum wr...wb...

Hai kawan ... kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat Jaringan LAN menggunakan 1 server beserta konfigurasi Service Server.
sebelum itu kita pahami dulu pengertian-pengertiannya terlebih dahulu.

A.Pengertian

Pengertian LAN  atau Local Area Network adalah suatu perangkat jaringan yang menghubungan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan router sebagai penyambungnya.


Jaringan LAN merupakan jaringan milik pribadi yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilo meter. Jaringan LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik : (1) ukuran, (2) teknologi transmisi dan (3) Topologinya.


Jaringan LAN memiliki ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasannya menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.
 B.Alat dan Bahan
1.Laptop
2.Aplikasi Packet Tracer
3.jaringan Internet
C.Maksud dan Tujuan
tujuan dibuatnya Jaringan LAN dengan menggunakan 1 server beserta konfigurasi service pada server adalah untuk bisa mengerti bagaimana cara menservicenya dengan cara simulasi.
D.Tahap Pelaksanaan Kegiatan
 1.Kita buka aplikasi Packet Tracer
2. kemudian kita membuat rancangan untuk membuat jaringan LAN,kita tambahkan sebuah server terlebih dahulu, dengan cara masuk ke menu End Device kemudian pilih server.

3.Kemudian kita hubungkan Server dengan Switch untuk bisa tersambung ke jaringan LAN.Untuk menyambungkannya kita pilih menu Connection lalu Pilih kabel Tipe Stright. Klik Server lalu Klik Switch. Jika terkoneksi, Ring akan berwarna hijau.

4.kemudian beri IP pada server-nya,caranya kliK servernya =>lalu pilih menu Dekstop =>kemudian pilih IP Configuration.
5.lalu isikan IP buat servernya .pada kali ini saya akan memberikan IP untuk server 192.168.50.1 Subnet Mask  255.255.255.0

6.lakukan Pengujian server dengan masuk ke menu Dekstop =>Command Promt. ,tuliskan ping (IP kalian) contoh : ping 192.168.50.1

 muncul seperti itu berarti behasil di ping.

E.Referensi 
Ebook Cisco


G.Hasil dan Kesimpulan

Dengan demikian jaringan LAN dengan menggunakan 1 server dapat dibuat.
sekian dari saya ,terima kasih..


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »