Konfigurasi Samba File Pada Debian 8.5

Assallamu'allaikum wr...wb...

Siang kawan, Pada kali ini saya akan memposting bagaimana cara menginstall Samba File pada Debian 8.5

langsung saja kita ke Penjelasan dan langkah-langkahnya :

A.PENGERTIAN

 Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.

B. LATAR BELAKANG 
 
File server membeerikan layanan berupa penyediaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna didalam suatu jaringan. File server juga sering juga disebut sebagai sistem file sharing. 


C.ALAT DAN BAHAN 

1.PC
2.koneksi internet 

D.MAKSUD DAN TUJUAN

Menghubungkan mesin Linux dengan mesin windows sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan banyak oleh samba file. Mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server,proxy dan lain-lain. 

E.TAHAP PELAKSANAAN KEGIATAN  

1.ketikan langkah apt-get install samba
2.tunggu proses sampai selesai kemudian konfigurasi file yang akan disharing 
#nano /samba smbd.conf
3. disini folder yang akan disharing /home/septiana

Keterangan :
path = letak file-file yang akan dibagikan
browseable = yes berarti bisa dilihat oleh publik
security = share berarti tanpa menggunakan password, user berarti menggunkan enkripsi password
writeable = yes berarti dapat ditulis dapat ditambahkan file atau folder dari client yang membuka, j/ika no maka kebalikannya
read only = berarti hanya dapat dilihat dan dibaca termasuk menyalin file tapi dapat menambahkan file atau folder kedalamnya j/ika yes no maka kebalikannya.


4.smbdpasswd -a septiana

 5.kemudian kita restart dengan ketikan perintah 
# /etc/init.d/samba restart


6.kemudian kita cek ke web browser dengan ketikan jika sudah berhasil maka tampilan akan seperti dibawah ini smb://ip kalian/




F. REFERENSI
 
Buku Debian Server
https://id.wikipedia.org/wiki/Samba

G.HASIL DAN KESIMPULAN 

Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan.

Sekian dari saya Wasallamu'allaikum wr...wb... 




 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »