[TRAINING CCNA NIXTRAIN] Hari-1 Pengenalan OSI LAYER Bersama Ardes Setiawan

Assallamu'alaikum wr...wb...

Hai kawan.. Pada Training Hari ini kami juga diberi materi dasar terlebih dahulu oleh Mas Adres Setiawan  sebelum kita beranjak ke Cisco Packet Tracer.
Materi Dasar yang diberikan yaitu Model Osi layer.

A.Pengertian  

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

Osi Layer terdapat 7 Lapisan

1.Physcal Layer 

yaitu fisik dari sebuah komputer seperti komponen hadware seperti kabel ,wirreles, kabel ,Hub, NIC, conektor .Dan memiliki fungsi bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system.Bemtuk datanya fisik

2.Data link Layer
Pada layer ini berfungsi bertanggung jawab mengangkut dalam jaringan .Data link memiliki 2 sub-lapisan yaitu Logical Link control (LLC), dan Media Acces Control (MAC) address. Bentuk datanya frames .

3.Network Layer 
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch dilayer 3.Bentuk datanya adalah paket
-Routing menentukan jalur terbaik untuk tujuan tertentu kemudian dirute kejalan tertentu.

4.Transport Layer
Pada layer ini berfungsi memecahkan data ke paket paket dan memberikan nomor urut terhadap paket tersebut sehingga dapat disusun kembali sesuai dengan paket yang diterimanya. Protocol yang digunakan yaitu TCP UDP.

5.Sesion Layer
Bertanggung jawab untuk membangun, mempertahankan dan mengakhiri sesi sementara yang rusak.Selain itu dilevel ini juga dilakukan resolusi nama.Menjaga datanya agar selalu berjalan dengan baik.

6.Presentasion Layer
Lapisan presentasi ini berfungsi menampilkan format data agar dikenali oleh penerima yang lain dan menyediakan sebuah compresi data atau menyediakan enkripsi.


7.Application Layer
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan , mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan kemudian membuat pesan pesan kesalahan .Atau Berinteraksi dengan network
Protokol yang berada dalam aplikasi ini adalah HTTP,FTP,SMTP,dan NFS.

--> TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol  )

TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-
menukar data dari satu komputer ke komputer di dalam jaringan internet. Denga kata lain TCP/IP adalah
sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada WAN (Wide Area
Network).

-->Dalam TCP/IP terdapat 4 protocol 

1.Network Interfaces Layer
Bertanggung jawab untuk meletakan frame-frame jaringan diatas media jaringan yang diguanakan .Tcp/Ip dapat bekerja dengan teknologi LAN (seperti halnya Ethernet ),  MANdan WAN (sepertinya dial-up modem berjalan diatas public). 
 2.Internet Layer 
Bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan(routing) dan enkapsulasi paket paket data jaringan menjadi paket paket data IP. Protocol yang bekerja dalam lapisan ini adalah IP,ARP,IGMP.
 3. Transport Layer
 Berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connectoin-oriented .Protocol yang digunakan TCP &UDP.
4.Aplicattion Layer
Berguna bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.
Protocol ini mencangkup DHCP, DNS, HTTP,FTP,SMTP.

B.Maksud dan Tujuan Belajar Osi Layer

Maksud dan tujuan dalam pengenalan OSI LAYER ini merupakan dasar yang harus kita pahami dan dimengerti untuk kita bermain cisco packet tracer.
Jika kita belum paham Osi layer maka kita akan susah untuk belajar Cisco kedepannya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat,, kita lanjuut hari besok
wassallamu'allaikum wr...wb...







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »