[TRAINING CCNA NIXTRAIN] Hari Ke 3 - Konfigurasi Etherchannel Di Cisco Packet Tracer

Assallamu'allaikum wr...wb...



 Hai guys... masih dengan Training Cisco Nextrain kami selama 1 minggu kedepan bersama Ardes Setiawan. Kali ini kami Membahas konfigurasi Etherchannel. 

A.Pengertian

Etherchannel adalah suatu teknologi trunking yang digunakan oleh switch Cisco catalyst dimana sejumlah fisikal port pada device digabung menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port atau jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur atau port yang lain.
EtherChannel juga menyediakan bandwidth yang lebih banyak. Trunk-trunk pada EtherChannel berada pada status forwarding semua atau blocking semua, karena STP memperlakukan semua trunk pada EtherChannel sebagai 1 trunk. Saat EtherChannel berada pada status forwarding, maka switch akan melakukan load-balance (membagi rata) traffik pada semua trunk, sehingga bandwidth yang tersedia jadi lebih banyak.
Etherchannel dapat dikonfigurasikan dengan dua hingga delapan active Fast Ethernet, Gigabit Ethernet atau 10 Gigabit Ethernet port. Jadi jika menggunakan 8 jalur/port bisa menghasilkan kecepatan 800 Mbit/s, 8 Gbit/s atau 80 Gbit/s.

Protokol yang berkaitan dengan Etherchannel
•          Link Aggregation Control Protocol (LACP)
Link Aggregation Control Protocol merupakan bagian dari spesifikasi IEEE 802.3ad yang mengijinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa port fisikal bersama menjadi sebuah channel logical tunggal.
•          Port Aggregation Protocol (PAgP)
PAgP membantu pada pembuatan otomatis dari link Etherchannel. Paket PAgP dikirim di antara port yang bisa Etherchannel dalam tujuan untuk negosiasi formasi dari channel.

B.Latar Belakang 
Etherchannel digunakan untuk menghubungkan multiple interface fisik menjadi satu.

 C.Alat dan Bahan
1.Laptop
2.cisco packet tracer

D.Maksud dan Tujuan
EtherChannel digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port/jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur / port lain.

E.Tahap Pelaksanaan Kegiatan 
1. pertama buatlah topologi seperti dibawah ini

2.Kemudian kita konfigurasi PAgP dimasing masing switch.
konfigurasi di port 13

konfigurasi switch di port 14



3.Dan jika kita sudah mensetting coba cek konfigurasi EtherChannel dengan cara mengetikan perintah
s2#show etherchannel


begitupun untuk s1#show etherchanel

F.Referensi
www.nixtrain.com

G.Hasil dan Kesimpulan
ETHERCHANNEL menggabungkan beberapa Link (Port Interface) menjadi satu group sehingga tanpa adanya port yang sia - sia seperti yang ada di Topology STP (Blocking Port), konsep dasarnya ETHERCHANNEL ialah menggabungkan beberapa port interface fisik pada Switch menjadi satu interface Logical dengan tujuan load sharing (membagi jalur pengiriman biar lebih cepat) dan Redundancy (apabila ada Link mati bisa di lewatkan ke Link pengganti pada Groupnya.


Sekian dari saya semoga bermanfaat Wassallamu'allaikum wr..wb..
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »