Konfigurasi DNS Server Pada Debian Server

Assalamu'allaikum wr...wb...

selamat pagi kawan, apa kabar ?masih pengen belajar lagi ?Mari belajar Konfigurasi DNS Server Pada Debian Server.
mari pahami bersama..!!!

A.Pengertian

Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

B.Latar Belakang

DNS(Domain Name System) mempunyai fungsi menterjemahkan alamat Ip ke nama domain atau sebaliknya,sehingga nama tersebut mudah dikenal oleh pengguna internet.Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.

C.Alat dan Bahan

1.Laptop/Pc
2.Server terkoneksi Internet

D.Maksud dan Tujuan

DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang terhubung pada internet seperti web browser maupun pda sebuah layana email. Selain itu, DNS juga dapat diterapkan pada private network maupun intranet. Dengan menggunkan DNS, pengguna tidak perlu lagi menghafalkan alamat IP dari se3buah komputer maupun situs pada jaringan internet. Cukup menghafalkan host name atau nama domainnya saja. Bisa jadi alamat IP pada subuah komputer bisa berubah, tetapi host name (nama komputer) tidak dapat berubah. Maka dari itu, DNS cenderung konsisten.


E.Tahap Pelaksanaan Kegiatan :


1.Langkah Pertama buka terminal dan masukan perintah :#apt-get install bind9

setelah itu tekan Y lalu enter

2.Setelah proses selesai,pertama dalam konfigurasi ini adalah harus membuat domain terlebih dahulu.Contoh septiana.id dengan ip 192.168.34.4 kemudian anda tentukan nama db.forward dan db.reverse contohnya db.forward saya beri nama db.septiana kemudian db.reverse saya beri nama db.192 lalu setelah menentukan itu mulai untuk mengkonfigurasi.

Pindah direktori ke /etc/bind/
#cd /etc/bind
Kemudian edit namd.conf.local
#nano /etc/bind/named.conf.local


 kemudian tambahkan pada baris seperti berikut ini


setelah selesai kemudian tekan ctrl+x tekan y lalu enter

3.Kemudian salin semua file untuk mempermudah

#cp db.local db.septiana
#cp db.127 db.192


4.Setelah anda edit db.septiana dengan perintah: #nano db.septiana

Edit db.septiana sesuai dengan Ip server dan domain anda

setelah itu tekan crtl+x tekan y lalu enter

5.kemudian edit db.127 dengan perintah : #nano db.192

Edit db.127 seperti dibawah ini :

setelah selesai tekan ctrl+x tekan y lalu enter

6.Restart bind9 dengan perintah :#/etc/init.d/bind9 restart


pastikan hasilnya ok

7.Setelah di restart berhasil  silahkan anda periksa file /etc/resolv.conf dengan perintah : #cat /etc/resolv.conf

 Pastikan  ip server anda berada dipaling atas, apabila belum anda edit kembali file /etc/network/interfaces . Tambahkan ip server anda pada dns-nameserver [ip server anda] [dns lain] , kemudian restart network dengan perintah : #/etc/init.d/networking restart


8.kemudian mencoba dan memeriksa DNS apakah sudah berjalan atau belum dengan perintah :#nslookup septiana.id

#nslookup www.septiana.id
9.jika sudah kemudian kita cek diweb dan tuliskan sub domainnya septiana.id
F.Referensi

 https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain
Buku Debian Server

G.Hasil dan Kesimpulan

Untuk menjalankan tugasnya, server DNS memerlukan program client yang bernama resolver untuk menghubungkan setiap komputer user dengan server DNS. Program resolver yang dimaksud adalah web browser dan mail client. Jadi untuk terhubung ke server DNS, kita perlu menginstall web browser atau mail client pada komputer kita.


sekian dari saya semoga bermanfaat
 wassallamu'allaikum wr...wb...















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »